.

Rabu, 15 Januari 2014

Berapa Saldo Tabungan Dosa Kita?

                                         بسم الله الرحمن الرحيم

Makan dengan tangan kiri. Minum teh di pagi hari sambil meniupnya.
Mendengarkan musik, menyanyi, dst.
Maka, ini contoh beberapa dosa yang kerap kali diremehkan. Pepatah mengatakan, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit."
Sementara tanpa sadar, ternyata saldo dosa kita justru semakin
bertambah.

Dari Abdulloh bin Mas'ud bahwa Rosululloh shollallohu alayhi wasallam bersabda,
"Hati-hatilah kalian dari dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa kecil itu bila berkumpul pada diri seseorang akan membinasakannya .” (HR. Ahmad, 1/403, dishahihkan sanadnya oleh Asy-Syaikh Ahmad Syakir rahimahullahu dalam catatan kakinya terhadap Musnad Al-Imam Ahmad)

Dalam hadits yang lain dari sahabat Sahl bin Sa'd, Rosululloh shollallohu alayhi wasallam bersabda,
“Hati-hati kalian dari dosa-dosa kecil! Ibaratnya seperti satu kaum yang singgah di sebuah perut lembah. Masing-masing dari mereka pergi mencari ranting untuk menyalakan api, lalu datang seseorang membawa sebuah ranting. Seorang lagi juga datang membawa sebuah ranting. Demikian seterusnya hingga mereka dapat menyalakan api yang mematangkan roti-roti mereka. Sesungguhnya dosa-dosa kecil itu ketika pelakunya dihukum niscaya akan membinasakannya .” (HR. Ahmad, 5/331, dishahihkan sanadnya di atas syarat Al-Bukhari dan Muslim oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 389)

Astagfirulloh hal adzim, dalam keseharian memang benar kita terhindar dari kesyirikan, namun kadang kita membudayakan ketidak jujuran terhadap istri, anak, kita juga kerapkali berbicara yang tidak berguna, tidak amanah, membuang-buang waktu, dan memiliki akhlak yang buruk. Yang kesemuanya ini mengantarkan pada bertambahnya tabungan dosa kita.

Agar terhindar dari banyaknya tabungan dosa-dosa kita, maka Rosululloh shollallohu alayhi wasallam memberikan beberapa solusi:

1. Iringi Dosa dengan Kebaikan
Dari Abu Dzar, Jundub bin Junadah dan Abu ‘Abdurrahman, Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhuma, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada dan susullah sesuatu perbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya dan bergaullah sesama manusia dengan akhlaq yang baik”. [HR. Tirmidzi, ia telah berkata: Hadits ini hasan, pada lafazh lain derajatnya hasan shahih]

2. Puasa, Sholat, Sedekah, Taklim, dst Menghapus Dosa
Rosululloh shollallohu alayhi wasallam bersabda, "Fitnah (ujian) yang dialami seorang laki-laki pada keluarga, harta, diri, dan tetangganya dihapuskan oleh puasa, sholat, shodaqoh, dan amar ma’ruf nahi munkar (H.R Muslim)

Dan Rosululloh shollallohu alayhi wasallam bersabda, "Tidaklah suatu kaum berkumpul mengingat Allah, tidak menginginkan kecuali Wajah-Nya, kecuali akan ada penyeru dari langit: 'Bangkitlah dalam keadaan diampuni, keburukan-kebur ukan kalian telah diganti dengan kebaikan'." (H.R Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh al- Albany)

Semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita...

--Minasa Upa, 12 Rabiul Awal 1435 H

Dari Ummu Hanin Khoiriyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar