.

Selasa, 14 Januari 2014

Bolehkah Wanita Keluar Rumah tanpa Mahram untuk Menghadiri Majelis Ilmu?

بسم الله الرحمن الرحيم

Oleh: Asy-Syaikh Muqbil Rahimahullaah

Soal: “Apakah ada larangan dari keluarnya seorang perempuan tanpa mahrom untuk menghadiri majlis ilmu atau majlis lainnya?”

Asy-Syaikh Muqbil Rahimahullaah menjawab:
“Selama tidak sampai safar dan telah diidzinkan suaminya. Dan kami
nasehatkan kepada sang suami agar mengidzinkan istrinya selama sang istri aman dari fitnah dan tidak menimbulkan fitnah bagi selainnya. Maka sesungguhnya Nabi [shallallaahu 'alaihi wa sallam] bersabda:
“Jangan kalian halangi hamba-hamba Allaah yang wanita dari masjid-mesjid Allah”.


Beliau juga bersabda:
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. (Baik muslim laki-laki maupun muslim perempuan, pent.)

Dan jika sang suami cemburu kepada istri, takut istrinya tertimpa fitnah atau istri menimbulkan fitnah kepada laki-laki maka seharusnya sang suamimendatangkan dari kalangan wanita orang yang mengajari sang istri di rumahnya dan suami menyediakan waktu bagi istrinya untuk mengajari yang tidak ia ketahui. Sesungguhnya, istri yg shalihah akan menolongmu dalam mendidik anak-anakmu dan juga akan menolongmu dalam seluruh urusan-urusanmu, berbeda dengan istri yg fasiq dan bergelimang dalam maksiyat. Maka sesungguhnya istri yang fasiq ini akan menghancurkanmu dan terkadang memata-mataimu, wallaahul musta’aan.

Maka, seharusnya kita semua bersemangat, sebagaimana aku juga telah menasehati saudara-saudaraku di sini, untuk bersungguh terhadap keluarga mereka dan menyediakan waktu utk mereka. Jika anda berkata: ‘Istriku tidak suka ta’lim (belajar) dan tidak paham juga, bahkan terkadang, keadaannya seperti keadaan sebagian ikhwah ketika bersama istrinya, suami mengajari istri kemudian suami berkata: ‘Kamu ini seperti sapi!!!’, lalu sang istri menjawab: ‘Semoga kamu tertimpa laknat, jika kamu tidak pergi dari sisiku dan jika kamu mengajariku pada kesempatan yg lain!! ‘ . “

Maka kenapa?
Jika istri menentang maka gantilah ia dengan wanita-wanita yang shalihah, anda membutuhkan wanita yang shalihah dalam dakwah kepada Allaah, yang wanita tersebut bisa masuk kepada para wanita yang lain dan mengajari mereka, sedang anda tidak bisa masuk kepada para wanita.
Maka seharusnya kita bersemangat utk mengajari anggota keluarga kita. Wallaahul Musta’aan.



Text Arab:

 من الفتاوى النسائية
للشيخ مقبل الوادعي رحمه الله
 السؤال: هل هناك مانع من خروج المرأة من دون محرم لتحضر مجلس للعلم أو غيره ؟
الإجابة:
إذا لم يكن هناك سفر وأذن لها زوجها .
وننصحه أن يأذن لها إذا أمن عليها الفتنة وأن تفتن غيرها ، فإن النبي – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – يقول : ” لا تمنعوا إماء الله مساجد الله ” .
ويقول : ” طلب العلم فريضة على كل مسلم ” .
وإن كان يغار عليها أو يخشى عليها من الفتنة أو أن تفتن الرجال فينبغي أن يأتي لها من النساء من يعلمها في بيتها وأن يجعل لها وقتا يعلمها ما تعلم ، فإن المرأة الصالحة تعينك على تربية أولادك ، وتعينك أيضاً على جميع أمورك بخلاف المرأة الفاسقة العاصية ، فإنها تدمرك وربما تتجسس عليك ، والله المستعان .
فينبغي أن نحرص جميعاً ، كما أوصي إخواني ههنا ، أن يجتهدوا مع أهليهم ، ويجعلوا لهن وقتا ، فإن قلت : امرأتي لا تحب التعليم ولا تفهم أيضا ، بل ربما يكون حالها كحال بعض الأخوة مع امرأته يعلمها ثم قال لها : إنك بقرة !!! قالت : عليك لعنة إذا لم تقم من عندي وإذا علمتني مرة أخرى!! فماذا ، فإذا كانت مُعرضة تذهب بها إلى النساء الصالحات ، فأنت محتاج لها في الدعوة إلى الله ؛ تدخل إلى النساء وتعلمهن وأنت لا تستطيع أن تدخل إلى النساء .
فينبغي لنا أن نحرص على تعليم أهلينا . والله المستعان .



Sumber Klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar